Empat Kandidat Bersaing ke Kursi Rektor IAIN




Sebanyak 48 anggota senat IAIN Ar-Raniry Banda Aceh, Jumat (8/5) akan menggelar rapat senat tertutup untuk memilih calon rektor di lembaga pendidikan tinggi tersebut. Sebelum proses pemilihan, panitia melaksanakan rapat senat terbuka beragendakan penyampaikan visi dan misi para balon (bakal calon ) rektor.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor IAIN Ar-Raniry, Prof Dr Syahrizal MA didampingi sekretaris panitia, Drs Syamsul Bahri MAg menginformasikan, keempat balon rektor yang akan memperebutkan kursi pucuk pimpinan di lembaga pendidikan tinggi tersebut masing-masing, Prof Dr H Farid Wajdi Ibrahim MA (Dekan Fakultas Tarbiyah), Dr Nazaruddin A Wahid MA (Dekan Fakultas Syariah), Dr Cut Aswar MA (Pudek I Fakultas Tarbiyah), dan Dr A Rani Usman MSi (Pudek IV Fakultas Dakwah). Mereka akan berkompetisi guna menggantikan Prof Dr Yusny Saby MA yang memasuki pensiun (bersara) dan berakhir masa jabatan pada Juli 2009.

Ditambahkan Syahrizal, pemilihan Rektor IAIN Ar-Raniry itu dilaksanakan setelah shalat Jumat. Sedangkan pagi hari, panitia menggelar rapat senat terbuka untuk penyampaian visi dan misi dari para balon yang telah mendaftarkan diri pada panitia. Dalam penyampaian visi dan misi, juga menghadirkan tiga guru besar sebagai panelis, yakni Prof Dr Darmi M Daud MA (Rektor Unsyiah), Prof Dr Syafei Ibrahim MSi (Rektor Unida), dan Prof Dr Jasman J Makruf MA (Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi Unsyiah).


Proses pemilihan Rektor IAIN, menurut Syahrizal tetap merujuk pada statuta Depag dan SK Menag RI Nomor 40 Tahun 2008. Syarat-syarat yang harus dituruti para balon rektor antara lain beriman, bertaqwa, sehat jasmani dan rohani, punya ijazah S3 (doktor), dan menduduki jabatan fungsional sekurang-kurangnya rektor kepala.


Menanggapi isu mengenai adanya seorang balon yang belum memiliki ijazah S3, menurut Sekretaris Panitia Drs Syamsul Bahri, ketika pihaknya membuka amplop pendaftaran masing-masing balon, memang ada seorang balon yang tak melengkapi ijazah S3, kecuali surat keterangan tanda lulus. Namun, setelah masalah itu dikoordinasikan panitia pemilihan dengan Rektor IAIN Ar-Raniry, Prof Dr Yusny Saby MA, ternyata surat tanda lulus itu bisa dijadikan sebagai pengganti ijazah doktor. “Pak Rektor telah menyatakan surat tanda lulus doktor yang dilampirkan oleh Pak Nazaruddin A Wahid itu dapat dijadikan pengganti ijazah doktor,” ujar Syamsul Bahri.


Berimbang

Dari keempat balon Rektor IAIN Ar-Raniry yang telah mendaftarkan diri untuk maju dalam pemilihan pucuk pimpinan IAIN, rata-rata mengaku telah mendapat dukungan mayoritas dari 48 anggota senat yang berhak memberikan suara. Bahkan, sampai tadi malam tim sukses pendukung para balon masih gencar melakukan lobi-lobi kepada para anggota senat.


Namun, lobi-lobi yang dilakukan oleh kaum intelektual itu sangat sportif dan tidak saling menjelek-jelekkan sesama balon. Bukan hanya Farid Wajdi Ibrahim yang disebut-sebut telah mendapat dukungan mayoritas senat, tapi juga Nazaruddin, Cut Aswar, dan Rani Usman juga mengklaim mendapat dukungan serupa. “Keempat balon rektor itu punya kekuatan berimbang, namun siapa yang terbaik akan ditentukan melalui forum pemilihan,” ujar Ketua Panitia Pemilihan Rektor IAIN Ar-Raniry.


Referensi :

http://www.serambinews.com/news/

http://www.ar-raniry.ac.id

0 ulasan:

Laman Sahabat

Bicara UKHUWWAH

ShoutMix chat widget

Followers

About Me

Foto Saya
ibnu qais
Dilahir di Kampung tercinta di Desa Permai Pagut pada tanggal 18 Mei 1986 pada jam 08.55pm bersamaan 9 Ramadhan 1406 Hijrah iaitu jatuh pada hari Ahad. Mendapat pendidikan awal di Sekolah Agama (Arab) Al-Ittihadiah Tanjung Pagar, Ketereh.Kemudian melanjutkan ke pengajian menengah di Sekolah Menengah Agama (Arab) Darul Aman, Kok Lanas dari 1999-2002, sekarang dikenali Ma'had Tahfiz Sains Nurul Iman. Setelah itu saya berhijrah ke Sekolah Menengah Agama (Arab) Azhariah, Melor. Setelah tamat, saya mendapat tawaran melanjutkan pengajian ke peringkat diploma bidang syariah di Kolej Islam Antarabangsa Sultan Ismail Petra (KIAS),Kelantan (2005-2008) dan sekarang melanjutkan pengajian sarjana di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Nanggroe Acheh Darussalam, Republik Indonesia,dalam Fakultas Syariah Jurusan Ahwalul Syakhsiyyah(Hukum Keluarga Islam). Sebarang pandangan emailkan kepada yiez_almaqdisi@yahoo.com @ ibnqais@gmail.com.
Lihat profil lengkap saya
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Ultimos Comentarios

 
Copyright © Jalan Yang Lurus